Cara Kerja dan Berbagai Jenis Augmented Reality (AR)

Cara Kerja dan Berbagai Jenis Augmented Reality (AR) – Augmented Reality atau AR adalah teknologi yang tidak asing lagi bagi masyarakat. Meskipun teknologi Augmented Reality atau AR ini terasa asing bagi sebagian masyarakat, tapi sebenarnya AR ini sudah sering dijumpai di kehidupan sehari – hari.

Augmented Reality yang biasa dikenal dengan istilah AR muncul karena adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat dan semakin berkembang, maka dengan adanya perkembangan teknologi tersebut menyebabkan perubahan menjadi serba digital seperti saat ini.

Contoh Augmented Reality atau AR di kehidupan sehari – hari yaitu dapat dicontohkan dengan adanya kegiatan yang ada di dunia nyata. Selanjutnya, AR ini dapat pula diimplementasikan melalui konten yang dihasilkan dengan menggunakan komputer. AR dapat mengintegrasikan teknologi secara real time, sehingga AR mampu memberikan informasi melalui dunia maya dan menampilkannya pada dunia nyata dengan bantuan kamera, webcam komputer dan kacamata khusus.

Cara Kerja dan Berbagai Jenis Augmented Reality (AR)
Sumber : pixabay.com

Daftar isi

Jenis – jenis Augmented Reality atau AR

Berikut ini beberapa jenis Augmented Reality atau AR :

  1. Marker Based Augmented Reality

Salah satu jenis AR yang dikenal sebagai jenis pengenalan gambar yang dibutuhkan untuk objek khusus dan kamera dalam memindai.

  1. Markerless Augmented Reality

Salah satu jenis AR yang digunakan secara meluas dan pada jenis ini menggunakan teknologi akselerometer, kompas digital dan teknologi GPS.

  1. Projection Based Augmented Reality

AR jenis ini, bekerja dengan cara cahaya diproyeksikan dengan cahaya buatan ke permukaan cahaya dan memungkinkan pengguna untuk berinteraksi seperti hologram yang dilihat di film fiksi ilmiah seperti Star Wars.

  1. Superimposition Based Augmented Reality

AR dengan jenis ini dapat sebagian atau sepenuhnya menggantikan tampilan asli dengan tampilan yang telah ditambah, sehingga jenis ini memainkan peran sangat penting.

Baca Juga:   Virtual Reality (VR) dan Manfaatnya dalam Dunia Kerja

Cara Kerja Augmented Reality (AR)

AR digunakan dengan menggunakan AR, ponsel, layar webcam, kamera, kacamata khusus atau yang lainnya yang bertindak sebagai perangkat output karena dalam alat ini mampu menampilkan informasi yaitu dalam bentuk gambar, video, animasi dan model 3D. Dimana dalam AR ini terdapat penggunaan teknologi SLAM, sensor dan pengukuran pada kedalaman.

Demikian penjelasan mengenai Augmented Reality (AR) dan jenisnya, semoga penjelasan AR dalam artikel ini memberikan informasi yang dapat membantu anda.