Cara Mudah Perpanjang SIM Online dengan Aplikasi Digital Korlantas POLRI

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Perpanjangan SIM merupakan hal yang wajib dilakukan setiap tahun agar SIM Anda tetap berlaku. Namun, proses perpanjangan ini kerap kali menyita waktu dan tenaga karena harus mengantri di Samsat dan menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan. Namun, sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi karena perpanjangan SIM dapat dilakukan dengan mudah dan cepat melalui aplikasi Digital Korlantas POLRI.

Cara Mudah Perpanjang SIM Online dengan Aplikasi Digital Korlantas POLRI

Aplikasi Digital Korlantas POLRI adalah aplikasi resmi dari Korlantas POLRI Indonesia yang bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat Indonesia yang membutuhkan layanan Korlantas, seperti Pembuatan SIM Baru maupun Perpanjangan SIM. Anda dapat melakukan perpanjangan SIM secara online dengan mudah dan cepat melalui layanan SINAR (SIM Nasional Presisi) yang ada di dalam Aplikasi Digital Korlantas POLRI. SIM akan langsung dikirim ke rumah Anda.

Persyaratan yang harus disiapkan untuk Perpanjang SIM secara online adalah sebagai berikut:

  • Smartphone Android
  • Install Aplikasi Digital Korlantas dari Playstore
  • Foto E-KTP
  • Foto SIM lama (karena yang tersedia baru perpanjang) min. 90 hari sebelum masa kadaluarsa
  • Pas foto berlatar belakang biru
  • Foto tanda tangan
  • Melakukan cek kesehatan jasmani pada website erikkes.id
  • Tes psikologi pada aplikasi epPsi
  • Pembayaran bisa transfer menggunakan E-wallet (Dana, Ovo, M-Banking,dll)
Baca Juga:   5 Aplikasi Kamera Terbaik Untuk Memotret & Mengedit Foto Berkualitas

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk melakukan perpanjangan SIM secara online melalui Aplikasi Digital Korlantas POLRI:

  1. Registrasi identitas (E-KTP, SIM, Pas Foto, Ttd)
  2. Kelengkapan persyaratan
  3. Lokasi satpas (yang tersedia baru Polda Metro Jaya & Polda Jatim)
  4. Rekening pengembalian (jika tidak disetujui)
  5. Pengiriman/pengambilan (estimasi 3-5 hari)
  6. Konfirmasi Data

Biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan perpanjangan SIM secara online melalui Aplikasi Digital Korlantas POLRI adalah sebagai berikut:

  • Tes psikologi : Rp 37.500
  • Cek kesehatan : Rp 25.000
  • PNPB SIM C : Rp 75.000
  • Biaya layanan : Rp 10.000
  • Biaya pengiriman : Rp 39.400 (Tergantung Lokasi Satpas)

Perlu diingat bahwa saat ini fitur yang tersedia di aplikasi hanya perpanjangan SIM. Sedangkan untuk layanan lainnya masih dalam proses pengembangan. Lokasi satpas yang tersedia saat ini hanya Polda Metro Jaya dan Polda Jatim. Namun, perpanjangan SIM ini bersifat nasional dan dikirim langsung ke rumah Anda, sehingga bisa dilakukan meski lokasi satpas di wilayah Anda belum tersedia secara online dalam aplikasi.

Selain itu, dengan menggunakan aplikasi ini, Anda juga dapat mengecek status permohonan SIM Anda, mengecek jadwal tes kesehatan dan psikologi, serta melakukan pembayaran secara online. Hal ini sangat memudahkan masyarakat dalam mengurus SIM mereka karena tidak perlu lagi mengantri di Samsat dan menyiapkan berkas-berkas secara manual.

Baca Juga:   Cara Install Driver Printer Epson L3110 Terbaru

Dalam masa pandemi seperti sekarang, aplikasi ini sangat bermanfaat karena memungkinkan Anda untuk mengurus SIM Anda tanpa perlu keluar rumah. Hal ini juga sangat membantu dalam membatasi aktivitas yang tidak perlu dan mengurangi risiko penyebaran virus.

Secara keseluruhan, Aplikasi Digital Korlantas POLRI adalah solusi yang tepat bagi Anda yang ingin melakukan perpanjangan SIM dengan mudah dan cepat. Dengan fitur yang lengkap dan proses yang sederhana, Anda dapat mengurus SIM Anda tanpa perlu mengantri dan menyiapkan berkas-berkas secara manual. Aplikasi ini sangat direkomendasikan bagi masyarakat Indonesia yang ingin mengurus SIM mereka dengan mudah dan efisien.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.