Kemajuan Teknologi Situs Belanja Online

Kemajuan Teknologi Situs Belanja Online –¬†Perkembangan teknologi yang semakin maju menyebabkan kemajuan pula pada sektor perbelanjaan. Dengan adanya situs belanja online, orang yang dulunya berbelanja secara langsung menjadi jarang. Memang masih ada, tetapi dengan adanya pasar online membuat banyak orang lebih tertarik menggunakan karena dinilai lebih mudah, murah, serta cepat. Secara tidak langsung, kegiatan berbelanja online mengikis keberadaan pasar tradisional yang mana minat berbelanja online lebih disukai oleh orang-orang. Berikut beberapa contoh situs berbelanja online yang laris di pasaran, diantaranya:

Kemajuan Teknologi Situs Belanja Online

Tokopedia

Merupakan situs belanja online yang paling banyak dikunjungi di Indonesia. Hal ini dikarenakan banyaknya pilihan produk yang ditawarkan. Posisi teratas produk yang pling banyak dicari ialah produk elektronik, lalu fashion, dilanjut bahan makanan.

Shopee

Di posisi kedua ditempati oleh situs belanja online Shopee yang pertama kali didirikan di Singapura. Banyak dikunjungi karena produk yang ditawarkan dengan harga terjangkau dengan kategori kecantikan, fashion, serta peralatan rumah tangga.

Bukalapak

Berdiri di tahun 2010 yang awalnya sebagai lapak online bagi pelaku UMKM hingga berkembang sampai sejauh ini. Produk yang ditawarkan beragam dengan harga yang terjangkau. Kategori produk yang banyak dicari ialah elektronik, hobi, serta gaya hidup.

Baca Juga:   Perbedaan Windows 7 dan 10: Mana yang Lebih Baik?

Lazada

Alasan memilih situs belanja ini adalah reputasinya baik. Juga karena harga yang cukup terjangkau. Produk yang banyak dicari ialah fashion dan elektronik.

Blibli

Produk yang ditawarkan otentik dengan harga terjangkau. Serupa dengan situs belanja online lainnya, yang banyak dicari ialah produk elektronik, bahan makanan, serta fashion.

Dalam melakukan belanja secara online pasti memiliki dampak positif serta dampak negatifnya. Dampak positifnya mempermudah dalam melakukan transaksi, dapat dilakukan dengan cepat, mudah, dan dapat dilakukan kapan dan dimana saja. Selain itu, penggunaan uang elektronik turut mempermudah dalam melakukan transaksi. Di samping itu terdapat juga dampak negatifnya seperti maraknya kasus penipuan yang terjadi, seperti barang yang dibeli tidak sesuai dengan gambar yang ditampilkan. Untuk itu, diperlukan pemilihan situs belanja online yang aman dan terpercaya. Dapat dilihat dari ulasan pembeli dan banyaknya orang yang membeli produk tersebut.