TV Digital Kelebihan dan Kekurangannya

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

TV Digital Kelebihan dan Kekurangannya – TV digital adalah teknologi televisi yang menggunakan sinyal digital untuk menyampaikan gambar dan suara. Sinyal digital ini diterima oleh perangkat penerima (set-top box/STB) yang kemudian di dekode dan ditampilkan di layar televisi.

TV Digital

 

TV digital memiliki beberapa keunggulan dibanding televisi analog, diantaranya:

  1. Gambar yang lebih jernih dan tajam : Sinyal digital menghasilkan gambar yang lebih jernih dan tajam dibanding sinyal analog.
  2. Kualitas suara yang lebih baik : TV digital dapat menyampaikan suara dengan kualitas yang lebih baik dibanding televisi analog.
  3. Interaktivitas yang lebih tinggi : TV digital dapat menyediakan fitur-fitur interaktif seperti EPG (Electronic Program Guide), teletext, subtitles dan lain-lain.
  4. Pemanfaatan frekuensi yang lebih efisien : Penyiaran sinyal digital memerlukan frekuensi yang lebih sedikit dibanding sinyal analog.
  5. Akses ke layanan tambahan : TV digital dapat menyediakan layanan tambahan seperti video on demand, streaming, dll.

Di Indonesia, pemerintah melalui Kominfo mencanangkan migrasi dari televisi analog ke digital, yang dikenal dengan istilah TVSI (Television Sistem Digital).

TV digital memiliki beberapa kekurangan dibanding televisi analog, diantaranya:

  1. Biaya pembelian perangkat yang lebih tinggi: Perangkat yang dibutuhkan untuk menonton TV digital, seperti set-top box atau TV digital built-in, cenderung lebih mahal dibanding perangkat televisi analog.
  2. Kebutuhan akan sinyal yang kuat: Sinyal digital membutuhkan tingkat kualitas yang lebih tinggi dibanding sinyal analog, sehingga kualitas gambar dan suara bisa terganggu jika sinyal lemah.
  3. Kebutuhan akan perangkat tambahan: Beberapa fitur tambahan seperti EPG (Electronic Program Guide) atau teletext memerlukan perangkat tambahan seperti set-top box.
  4. Dibutuhkan perangkat tambahan untuk penyimpanan: Beberapa fitur seperti PVR (Personal Video Recorder) memerlukan perangkat tambahan untuk penyimpanan.
  5. Ketergantungan pada infrastruktur: TV digital sangat tergantung pada infrastruktur jaringan yang baik, jika infrastruktur jaringan lemah maka kualitas gambar dan suara akan terganggu.
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Baca Juga:   5 HP dengan Snapdragon 835